Monthly Archives: December 2018

  • Porto Siap Hadapi Juventus

    Undian babak 16 besar Liga Champions telah selesai. Juara-juara grup telah dipertemukan oleh runner up masing-masing grup. Arsenal kembali berjodoh dengan Bayern Munich di fase gugur. Begitu pula dengan Paris Saint Germain yang lagi-lagi harus melewati hadangan raksasa Spanyol Barcelona. Namun, satu laga yang juga tak kalah menariknya di fase 16 besar, dimana Porto akan menghadapi Juventus.

    Porto vs Juventus
    Porto akan bersua dengan Juventus di babak 16 besar Liga Champions

    Pertemuan kedua klub tersebut mengulang pada edisi 2001/2002. Dimana pada musim itu, Porto tergabung bersama Juventus, Rosenberg dan Celtic dalam satu blok di babak pertama penyisihan grup.

    Pada pertemuan pertama kedua klub yang terjadi pada tanggal 10 Oktober 2001, pertandingan berakhir dengan skor 0-0. Kala itu, raksasa Portugal terlebih dahulu bertindak sebagai tuan rumah, lantaran bermain di Estádio Do Dragão. Namun, di depan para pendukungnya sendiri, Portistas tak mampu mengalahkan tamunya tersebut.

    Sementara pada laga kedua yang dihelat di Juventus Stadium, Porto mampu terlebih dahulu unggul 0-1 berkat gol dari Clayton Ferreira Cruz. Tetapi, kubu tuan rumah yang bermain di depan para fansnya sendiri, mampu mengembalikkan keadaan menjadi 3-1, berkat gol yang dicetak oleh Paolo Montero, sang striker andalan David Trezeguet dan kapten tim Alessandro Del Piero. Skor tersebut bertahan hingga akhir laga.

    Berkat kemenangan pada laga yang dilangsungkan pada tanggal 23 Oktober 2001 tersebut, si Nyonya Tua sukses menjadi jawara grup E dan lolos ke tahap selanjutnya. Tetapi, di fase grup kedua, I Bianconeri harus tandas, lantaran tak mampu bersaing dengan Deportivo La Coruna dan Bayer Leverkusen.

    Nuno: Mari Kita Melangkah Lebih Jauh

    Pelatih Porto, Nuno Espírito Santo mengungkapkan bahwa saatnya untuk melangkah lebih jauh. “Kami siap untuk menghadapi tim manapun, termask mereka (Juventus),” ujar Nuno.

    Nuno Espírito Santo
    Nuno Espírito Santo optimis mampu lewati hadangan Juventus

    Mantan manajer Valencia tersebut menambahkan, bahwa hadangan Juventus, siap untuk kita lewati dan kembali ke masa kejayaan. “Kurasa kami yakin mampu melewati Juve. Walaupun mereka sangat perkasa di liga Italia. Tetapi, kami bukanlah tim kecil. Jadi, kami yakin mampu mengalahkannya,” tutup pelatih asal Portugal tersebut.

    Iker Casillas vs Gianluigi Buffon

    Laga antara Porto melawan Juventus juga akan menyajikan duel antara kedua kiper kelas dunia. Ini adalah pertemuan yang sudah kesekian kalinya bagi kedua kiper, baik di ajang internasional maupun klub.

    Iker Casillas vs Gianluigi Buffon
    Iker Casillas akan kembali bertemu dengan Gianluigi Buffon

    Gianluigi Buffon kerapkali harus kembali berhadapan dengan Iker Casillas, sejak kiper asal Spanyol tersebut masih berseragam Real Madrid. Dimana pertemuan mereka tersaji dalam laga semifinal Liga Champions musm 2002/2003. Dalam laga tersebut, si Nyonya Tua berhasil mengalahkan El Real dengan agregat 4-3.

    Di fase kualifikasi 16 besar, kedua kiper kembali bertemu. Lagi-lagi, kiper Italia keluar sebagai pemenang, lantaran agregat akhir 2-1 untuk keunggulan timnya. Pada fase grup pun, mereka juga dipertemukan kembali. Terakhir, pada tahun 2014/2015, dimana Juventus masih sangat perkasa dan berhasil melewati hadangan Los Blancos di babak semifinal dengan agregat 3-2.

    Tak hanya di level klub saja, kedua kiper kelas dunia bertemu. Tetapi juga saat masing-masing kiper membela negaranya sendiri di kancah internasional. Buffon bersama timnas Italia dan Casillas berseragam timnas Spanyol. Tercatat, sebanyak tiga kali mereka bersua. Diantaranya saat EURO 2008, EURO di tahun berikutnya yakni 2012 dan terakhir di kejuaraan Piala Konfederasi 2013.

    Walaupun kedua kiper dicap sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di dunia. Pertemuan keduanya tidak pernah bernuansa negatif. Justru saling respect satu sama lain.

    Namun kini, walaupun Casillas tidak lagi menjadi kiper di klub yang Ia bela sejak usia muda. Namun pertemuan keduanya akan sangat menarik untuk dinantikan.

  • Chelsea vs Bournemouth, Lanjutkan Tren Kemenangan

    Chelsea akan melawan Bournemouth dalam lanjutan Liga Primer Inggris yang hampir memasuki paruh musim ini, tepatnya di pekan ke 18. Laga tersebut dihelat di Stamford Bridge pada tanggal 26 Desember 2016, pukul 22.00. Kemenangan akan membuat The Blues terus melanjutkan tren positif mereka dan tentu memperkokoh posisi di puncak klasemen.

    Chelsea
    Chelsea terus berada di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris

    Perlu diketahui, bahwa di persepakbolaan di Inggris tetap hadir walaupun sehari sebelumnya merayakan hari Raya Natal, begitu pula dengan perayaan pergantian tahun baru. Lantaran di tanah Ratu Elisabeth tersebut, tujuan utama sepak bola adalah untuk menghibur. Sehingga, olahraga mampu mempersatukan keluarga dan menjadi tontonan yang baik. Laga yang dihelat setelah perayaan Natal disebut juga dengan Boxing Day.

    Sejauh ini, Chelsea telah mencatatkan sebelas kali kemenangan secara beruntun. Sehingga, mereka berhak berada di posisi teratas dalam tabel klasemen sementara Liga Inggris. Pasukan Antonio Conte secara mengejutkan memutus tren negatif di kala memasuki pekan 7. Dimana, pada minggu ke 5 dan ke 6, mereka harus menelan kekalahan atas Liverpool dan Arsenal.

    Namun selepas dua kekalahan beruntun tersebut, Conte mampu memperbaiki tim. Hasilnya, setelah kekalahan terakhir kala berhadapan dengan sang rival Arsenal, The Blues mampu melewati sebelas pertandingan dengan raihan maksimal. Termasuk melewati hadangan tim besar seperti Tottenham Hotspur, Everton, Manchester City dan Manchester United. Crystal Palace menjadi korban terakhir pasukan The Blues.

    Chelsea berada di puncak klasemen dengan raihan 43 poin. Posisi tersebut cukup aman dari kejaran para pesaingnya. Dimana, di urutan kedua ditempati oleh Manchester City dengan jarak tujuh angka dari sang pemuncak klasemen. Sementara itu, Arsenal yang pada pekan-pekan sebelumnya menempel ketat sang rival, harus puas bertengger di posisi keempat. Sedangkan Liverpool berada di urutan ketiga dan dapat naik ke peringkat kedua, apabila dinihari nanti berhasil menaklukkan Everton.

    Bournemouth sendiri, kini posisinya harus puas berada di urutan ke 10 dengan perolehan 21 poin. Dimana, The Cherries pada pertandingan terakhir harus takluk di depan para supporternya sendiri oleh Southampton dengan skor 1-3. Padahal satu pekan sebelumnya, Pasukan Eddie Howe mampu mengalahkan sang juara bertahan Leicester City dengan skor tipis, 1-0.

    Tentu Chelsea tidak akan begitu mudah mengalahkan tamunya, walaupun bermain di hadapan para pendukungnya sendiri. Tetapi, diprediksi penguasaan bola akan lebih didominasi oleh tuan rumah. Bournemouth akan lebih mengandalkan serangan balik, demi merobek jala gawang lawan yang telah mencatatkan clean sheet terbanyak sementara ini.

    Catatan Pertemuan Antara Chelsea Vs Bournemouth

    Laga yang dihelat di Stamford Bridge pada pekan 18 Liga Primer Inggris nanti, merupakan pertemuan ketiga sepanjang kedua tim pernah bersua. Pertemuan pertama terjadi pada bulan April 2016 lalu. The Blues berhasil keluar sebagai pemenang walaupun bermain di kandang lawan, Vitality Stadium. Pertandingan tersebut berakhir dengan kedudukan 1-4 untuk sang tamu. Eden Hazard berhasil mencetak dua gol dan satu masing-masing oleh Willian dan Pedro. Sementara gol semata wayang dari kubu tuan rumah, diciptakan oleh Elphick.

    Chelsea Vs Bournemouth
    Chelsea Vs Bournemouth tersaji di laga boxing day

    Namun, pada pertemuan pertama kedua tim, secara mengejutkan The Cherries mampu membuat seisi Stamford Bridge hening. Laga tersebut berakhir dengan skor 0-1 untuk keunggulan tamu. Padahal The Blues mampu menguasai permainan, tetapi tak ada satu gol pun yang mampu diciptakan. Satu-satu gol yang tercipta dalam laga tersebut, dilesakkan oleh Murray di menit menjelang akhir pertandingan.

    Eden Hazard: Jangan Terlena Akan Catatan Istimewa Ini

    Eden Hazard
    Eden Hazard mengingatkan kepada rekan-rekannya agar tak jemawa

    Salah satu pemain andalan Conte dan selalu mengisi starting eleven Chelsea, Eden Hazard mengingatkan kepada rekan-rekannya agar tak terlena dengan catatan istimewa sejauh ini. “Saya hanya ingin mengingatkan kepada tim, bahwa catatan istimewa ini jangan sampai membuat kita terlena. Kita harus tetap fokus pada laga-laga selanjutnya. Demi meraih gelar juara di akhir musim nanti,” ujar pemain berkebangsaan Belgia tersebut.